Pages - Menu

Tuesday, November 3, 2015

ASI Berlimpah, InsyaAllah

Banyak yang bertanya ke saya apa tips dan trik agar bisa dapet ASI berlimpah begitu. Hal ini berawal dari postingan saya di fesbuk. Saya posting berapa total ASI yang sudah berhasil terkumpul selama 2 bulan jatah cuti.
Sebagai ibu yg bekerja pasti ada keraguan apakah ASI akan mencukupi selama 6 bulan, setahun atau bahkan 2 tahun. Apatah lagi belakangan saya kerjanya rada-rada banyak di lapangan. Kerjaan saya itu liat-liatin daun, batang, diukur panjang nya, sampai2 kadang bulu-bulu pada daun juga diitungin. Iseng banget ga tuh. Wkwkwk.. dan itu di lapangan minimal 3 hari. Kadang ga cukup jadi nambah bisa mencapai angka 7 hari. Nah, berdasar itu lah saya punya niat jor jor an ngumpulin ASI demi si buah hati nan gendut, gemuk serta chubby ituh.
Motivasi lain adalah kakaknya yang bernama Adeeva berhasil mencapai ASI 2 tahun. Ketika kakaknya dulu saya bisa nge stok 120 an botol, masa sekarang malah kurang. Kan jadi gimanaa gitu.
Jadi apa tips nya? Kok bisa nge stok sampai 350an dan sekarang sudah hampir 400 botol. Cekidottt...

1. Jangan stress
Ini poin utama perASIan. Seorang ibu yang menyusui anaknya harus bahagia, tanpa tekanan sehingga meningkat hormon oksitosin nya. Jika hormon oksitosin meningkat dengan sendirinya ASI akan lantjar djaja keluar..

2. Minum air putih
Air putih kan baik tuk kesehatan. Yang saya lakukan adalah minum air putih segelas minimal sebelum dan sesudah menyusui atau pumping. Tau ga saya saat ini minum bisa segalon itu hanya untuk 2-3 hari saja. Sok aja dihitung, segalon 19 ltr ya? Bagi 3. Artinya kurang lebih 6 liter sehari. Wow, banyak juga ya.. #baru ngeh :-D

3. Konsistensi pumping
Selama ASI dikeluarkan maka ASI akan segera berproduksi lagi. Prinsipnya Supply and demand. Semakin sering dikeluarkan, maka akan semakin meningkat produksi asi itu sendiri.
Jadi tipsnya selama cuti mumpung belum beraktivitas, ada baiknya pumping sesering mungkin. Artinya sehabis anak mimik langsung dipompa. Konsisten per 2-3 jam sekali. Contoh real nya jadwal pumping saya: jam 3 subuh, jam 6 pagi, jam 9 pagi, jam 12 siang, jam 3 sore, jam 6 atau abis magrib, sebelum tidur. Jadwal itu semua diluar jadwal menyusui ya.

4. Makanan bergizi
Nah, ini yang menentukan kualitas ASI. Makan lah makanan yang bergizi supaya anak sehat. Kalau bisa tambah suplemen madu, sari kurma atau yang lainnya.

Udah kali yaa, yang inget cuma itu dulu, tar ditambah lagi deh..
Oya, kalau saya pada prakteknya ga minum suplemen apapun, paling cuma madu dan itupun ga selalu. Hehe

Udah ah..
Salam
Ghaziya 2,5 bulan.
Adeeva ultah ke 3 hari ini

Depok, magrib2 ngantuk

No comments: